News

Ini dia alasan kenapa anda harus minum kopi setiap hari

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Ini dia alasan kenapa anda harus minum kopi setiap hari

Kopi sering dijadikan sebagai pembuka dalam mengawali aktivitas panjang seharian. Mereka yang suka minum kopi beralasan, bahwa minum kopi di pagi hari dapat membuat pikiran lebih fresh dan meningkatkan suasana hati, yang hal ini sangat baik untuk mengawali aktivitas di pagi hari.

Kopi juga diyakini masyarakat dapat mengurangi rasa kantuk, dimana ini karena kandungan kafeinnya. Minuman ini digemari baik oleh pria maupun wanita.

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan. Padahal sebenarnya kopi memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Berikut manfaat minum kopi bagi kesehatan tubuh yang sudah terbukti secara ilmiah:

Kopi dapat meningkatkan level energi dan membuat kita menjadi lebih cerdas

Kopi dapat mengurangi rasa lelah sehingga kita menjadi lebih energik. Hal ini disebabkan karena kopi mengandung stimulan bernama kafein yang apabila diminum akan mempengaruhi cara kerja otak dan menghasilkan efek “rangsangan”.

Efek ini meningkatkan level energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

Kopi dapat membantu bakar lemak

Apakah anda tahu bahwa hampir semua supplemen pembakar lemak yang dijual secara komersial ternyata mengandung kafein?

Alasannya adalah karena kafein merupakan salah satu dari sedikit zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan proses metabolisme sebesar 3–11%.

Penelitian lain menunjukan bahwa kafein dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada orang yang menderita obesitas dan 29% pada orang yang tidak obesitas.

Akan tetapi, ada kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang bagi orang yang sudah meminum kopi dalam kurun waktu yang lama.

Mencegah dan mengatasi depresi

Penelitian menunjukan bahwa adanya keterkaitan antara kopi dengan turunnya resiko depresi pada seseorang. Yang paling rentan mengalami depresi adalah kaum wanita, kandungan di dalam kopi mampu berfungsi untuk melawan depresi.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum kopi mampu mengurangi resiko terkena depresi sebesar 10 persen, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kopi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari, mengalami resiko lebih rendah sebesar 15 persen terkena depresi. Hal ini berdasarkan laporan di jurnal “Archives of Internal Medicine” pada tahun 2011.

Hal yang unik, walaupun soda memiliki zat kafein di dalamnya, namum penelitian para ahli tidak menemukan adanya manfaat minuman bersoda untuk meminimalisir masalah depresi.

Hal itu karena minuman bersoda yang tinggi akan kandungan gula. Oleh karena itu, agar Anda bisa memperoleh manfaat kopi secara maksimal, hendaknya tidak minum kopi dengan kandungan gula yang tinggi.

Kopi mampu mengobati depresi serta menjadikan orang yang mengonsumsinya lebih ceria.

Membantu mencegah diabetes

Pada sebuah studi yang dilakukan, menemukan bahwa minum kopi memiliki kecendrungan untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Pada sebuah laporan penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’. Mengungkapkan alasan tentang hubungan antara kopi dengan penurunan resiko diabetes.

Hal ini karena kopi memiliki kandungan senyawa yang bekerja menghambat hIAPP.  hIAPP merupakan polipeptida memicu munculnya serat protein abnormal yang mengakibatkan seseorang terkena diabetes.

Serat protein abnormal umum ditemukan pada orang yang mengalami penyakit diabetes tipe 2. Kandungan kromium dan magnesium yang ada di dalam kopi juga bekerja untuk menekan resiko penyakit diabetes tipe II.

Hanya saja dengan manfaat ini, bukan berarti Anda minum kopi dengan kandungan gula yang banyak di dalamnya. Tentunya untuk mencegah diabetes dengan memanfaatkan kopi, maka batasi gula yang digunakan.

Kalau Anad mampu, konsumsilah kopi dengan rasa yang cenderung pahit, hal itu kalau Anda mampu. Minimalnya Anda mengurangi (agar tidak berlebih) penggunaan gula pada kopi.

Kopi Menurunkan Resiko Kanker

Kandungan kopi sudah dihubung-hubungkan dengan menurunnya risiko kanker, yaitu berupa penurunan risiko kanker hati, kanker endometrium, kanker payudara dan kanker prostat.

Pada sebuah studi tahun 2008 di Swedia, hasil penelitian menyimpulkan bahwa dengan minum dua-tiga cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Sebuah studi dari pihak Harvard School of Public Health, menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Manfaat ini bisa diperoleh dari kopi yang berkafein maupun kopi yang tidak mengandung kafein.

Kopi bisa membuat anda berumur panjang

Melihat bahwa para pengkonsumsi kopi mempunyai peluang lebih kecil untuk terkena banyak jenis penyakit, sangat masuk akal apabila kopi dapat membuat Anda berumur panjang.

Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa pengkonsumsi kopi mempunyai resiko kematian yang lebih rendah.

Dalam dua penelitian yang sangat besar, aktivitas minum kopi dihubungkan dengan penurunan resiko kematian pria sebesar 20% dan penurunan resiko kematian wanita sebesar 26%, dalam periode 18–24 tahun.

Bagi kebanyakan orang, kopi dapat menjadi bagian dari konsumsi sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak masalah kopi yang dikonsumsi adalah jenis arabika ataupun robusta, keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan.

Bahkan kopi dapat dikonsumsi sampai beberapa gelas dalam satu hari. Kendati demikian, mungkin saja kopi tidak menguntungkan bagi semua orang.

 Mereka dengan kondisi hati tertentu, kepekaan terhadap kafein, dan ibu hamil harus menghindari kopi yang berkafein yaitu dengan hanya mengkonsumsi kopi decaf atau teh.

Selain itu, mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menghilangkan beberapa manfaat di atas karena besarnya jumlah kafein yang dikonsumsi.

Kuncinya adalah konsumsilah kopi dengan tidak berlebihan, umumnya 2–3 gelas sehari untuk mendapatkan manfaat-manfaat kopi dan menghindari permasalahan-permasalahan kesehatan yang dapat ditimbulkan karena kelebihan kafein.

 

PAN setuju dana saksi pemilu dibiayai sepenuhnya oleh Negara
Sri Mulyani dan Luhut akan dilaporkan ke Bawaslu, Zulhas : pejabat hati-hati
DPR jelaskan alasan biaya saksi pemilu ditanggung negara
Klaim BPJS menggunung, Jokowi ajak masyarakat hidup sehat
Lagi, peluru nyasar ditemukan di DPR
Rumah James Riady jadi sasaran KPK terkait suap Meikarta
Dituding kelola negara ugal-ugalan, Kubu Jokowi sebut lawan pesimis
Pemerintah sepeser pun belum bayar saham Freeport
Denpasar kini punya kota kembaran
DPR RI berkomitmen dukung Palestina
Mengantisipasi anak lahir dengan kebutuhan khusus
Kubu Prabowo datangi KPU bahas 31 juta data siluman Kemendagri
Subsidi BBM 2018 sudah lampaui pagu
Merasa janggal, politisi Gerindra minta uji balistik penembakan DPR
Polres duga peluru nyasar ke DPR sama seperti Senin kemarin
Fetching news ...