Ideas

Arab Saudi larang Muslim Israel tunaikan umrah

REPORTED BY: Insan Praditya

Arab Saudi larang Muslim Israel tunaikan umrah Ka'bah di Mekkah

Pemerintah Arab Saudi melarang masuk para jamaah Muslim Israel untuk menunaikan umrah di Mekkah.Hal itu karena Arab Saudi dan Israel tidak memiliki ikatan formal, yang membuat warga negara Israel tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan ke wilayah Kerajaan Arab Saudi.

"Kami tidak memiliki penjelasan atas apa yang terjadi, jadi kami mengajukan banding ke setiap kemungkinan bantuan, tetapi kami sangat menyesal bahwa ziarah yang seharusnya dilakukan pada bulan Desember, yang telah didaftarkan ribuan orang, tidak bisa diadakan," kata Ketua Komite Haji Israel, Haji Salim Shalata, Rabu (07/11/2018) malam.

Para jamaah Muslim Israel aslinya merupakan warga Arab Palestina, namun sudah berstatus sebagai warga negara mayoritas Yahudi tersebut. Sebelumnya, Saudi membolehkan para jamaah Muslim Israel melakukan ibadah haji dan umrah ke Makkah dengan menggunakan paspor sementara Yordania.

Yahya Saud, Kepala Komite Palestina di Parlemen Yordania mengatakan bahwa komitenya telah menghubungi Kedutaan Saudi di Yordania untuk membahas masalah tersebut. Keputusan Saudi itu memengaruhi sekitar 1 juta warga Muslim Israel.

Pada bulan September, Saudi melarang pengungsi Palestina yang memegang paspor sementara Lebanon mendapatkan visa untuk haji. Sebelumnya, pada bulan Agustus, para pengungsi Palestina dari Gaza yang tinggal di Yordania juga ditolak untuk mendapatkan visa haji.

Larangan itu terjadi pada saat Arab Saudi dilaporkan akan menormalkan hubungan dengan Israel. Pada April, Putra Mahkota Mohammed Bin Salman mengatakan bahwa Israel memiliki hak untuk hidup.

"Saya percaya orang Palestina dan Israel memiliki hak untuk memiliki tanah mereka sendiri...tetapi kita harus memiliki perjanjian damai untuk menjamin stabilitas bagi semua orang dan memiliki hubungan normal," katanya, saat kunjungan ke Amerika Serikat beberapa bulan lalu.

Fahri Hamzah ingatkan Jokowi pentingnya berpikir
Pelecehan marak, DPR komitmen rampungkan RUU penghapusan kekerasan seks
Takut memulai diving? Pahami dulu 10 hal berikut
BIN rilis 41 masjid terpapar radikalisme, PKS: Jangan bikin gaduh
Kubu Prabowo klaim telur di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia
Sisca Dewi gemar tumbalkan ayam cemani, Hanura rawan kena getah
TKN: Presiden perhatian pada kasus hukum Baiq Nuril
Ini penyebab PDIP dilema sikapi pemasang poster Jokowi Raja
Bantah kekayaan RI 1% rakyat, Kubu Jokowi: Prabowo harus segera revisi pernyataannya
Tiga dosa kepala daerah
BPN yakin strategi SBY akan menangkan Prabowo-Sandi
Kubu Prabowo minta Jokowi tak menutup mata
Dukung Baiq Nuril, Jokowi sarankan ajukan grasi
Romahurmuziy sebut kubu Humphrey dukung Prabowo sebagai dagelan
ANKER keluarkan power bank mungil dengan pengisian cepat
Fetching news ...